Pengertian Air Aki Zuur (Keras) dan Air Aki Biasa (Air Hujan)

Air aki yang diperjualbelikan dipasaran umunya terdapat dalam dua kemasan, yang satu kemasannya berwarna merah dan satunya lagi berwarna biru, walau kadang yang berwarna hanya bagian label dan tutupnya saja. Adanya perbedaan warna dalam kemasan ini menandakan bahwa kedua jenis air aki ini memiliki fungsi yang berbeda, walau kadang orang menyebutnya dengan sebutan yang sama pada saat mau membeli. Hanya bilang 'mau beli air aki'. Nah, kami sebagai penjual biasanya akan menanyai si pembeli, 'mau air aki keras atau air aki yang buat nambah?'. Disinilah si pembeli mulai bingung dan mikir 'emang apa bedanya?'

Oke, jadi kali ini Delta mau berbagi informasi mengenai perbedaan air aki keras atau air aki zuur dengan air aki biasa atau biasa di sebut air hujan.

  1. Air aki yang dikemas dengan label dan tutup botol berwarna merah biasa disebut air aki zuur, atau ada juga yang bilang air aki keras. Air aki zuur ini adalah air yang dipakai untuk isi aki pertama kali karena mengandung elektrolit berupa asam sulfat. Asam sulfat yang mempunyai rumus kimia H2SO4 ini merupakan elektrolit kuat yang dapat menyimpan dan menghantarkan arus listrik.
  2. Sedangkan air aki yang berciri kas label dan tutup biru ini adalah air biasa yang sudah mengalami demineralisasi. Air ini tidak mengandung logam sama sekali, dan karena sifatnya yang bebas dari mineral maka air ini diberikan sebagai penambah saat kondisi air dalam aki sudah mulai berkurang atau mendekati atau mendekati garis batas bagian bawah (lower level). Hal ini tidak akan menambah berat jenis H2SO4 yang masih ada sehingga kandungan mineralnya tetap,tetapi hanya cairan volumenya saja yang bertambah. Kalau di daerah Belitang, air aki tawar  ini ada yang menyebutnya air hujan.
www.deltateknikbelitang.blogspot.co.id
Air Aki Zuur dan Air Hujan

Lalu apa yang terjadi jika kita salah dalam pengisian air aki??

Air aki keras/zuur hanya dipakai untuk mengisi aki yang baru. Dan jika selama pemakaian aki kemudian air dalam boks aki sudah mulai berkurang atau mendekati lower level, jangan sekali-kali menambahnya dengan air aki zuur karena akan mengakibatkan berat jenis air dalam aki terlalu tinggi sehingga cell-cell dalam aki bisa rusak dan umur aki jadi berkurang awetnya.

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Pengertian Air Aki Zuur (Keras) dan Air Aki Biasa (Air Hujan)"

  1. Permisi mas saya mau tanya klo aki sudah kotor ada plaknya di cuci dengan air hangat kan isi air di dalam akinya kan di kosongin nah terus kalo sudah di bersihkan akinya boleh gak di kasih air aki zuut atau di kasih air aki biasa

    BalasHapus
  2. mas msalkan air aki.y tggal sdkitbtas.y 6cm.an dr permukaan. Itu d isi.y pke air zuur apa biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menambah, pake air aki biasa agar berat jenisnya tdk bertambah.

      Hapus
  3. air zuur yg btol aqua sma air Zuur yg botol merah apa bedanya gan yg kualitasnya

    BalasHapus
  4. Mas, kalau air aki dengan botol bernuansa biru sama dengan air hujan pada umumnya, apakah bisa kita menggunakan air hujan asam sebagai pengganti air aki dengan botol bernuansa merah?

    BalasHapus
  5. Apakah aki yg sudah d cuci bersih dan lalu di isi dgn air zuur tidak perlu lagi d cas..

    BalasHapus
  6. Apakah aki yg sudah d cuci bersih dan lalu di isi dgn air zuur tidak perlu lagi d cas..

    BalasHapus