Peran aki di motor
sangat penting. Aki menyimpan listrik dan menggunakannya ketika dibutuhkan
sebagai energy. Letaknya yang ada di dalam bodi membuat para pemilik motor
jarang melihatnnya. Apalagi merawat sampai mengecek kondisi aki. Padahal aki
butuh di rawat, seperti kebersihan kutub, level air aki, sampai kebersihan bodi
aki. Tanpa perawatan yang baik, jangan harap usia aki bisa panjang. Jika
biasanya usia aki mencapai dua tahun, tanpa perawatan yang baik umur aki bisa lebih
pendek. Aki yang mati berarti tidak bisa lagi menyimpan energy listrik.
CARA PERAWATAN AKI
1. AKI
BASAH
- Jaga volume air aki
Air aki ada masa jenuhnya. Titik tersebut ditandai dengan berat
jenis (bj) dari air aki. Untuk mengembalikan air aki ke berat jenis sesuai
kebutuhan proses penyimpanan listrik, penambahan cairan aki menjadi keharusan.
Nah, untuk menambahkan cairan aki, gunakan air aki destilasi botol biru, bukan
air accu zuur botol merah. Untuk menambah air aki cukup sampai batas indicator
perukaan yakni sampai tanda Upper Level.
Khusus accu zuur hanya digunakan ketika pengisian cairan
pertama kali. Jika digunakan untuk menambah maka sel pada aki akan cepat rusak
karena tingkat keasamannya terlalu tinggi.
Jangan sampai telat menambah level air aki. Jumlah cairan yang
terlalu rendah akan menyebabkan sel tidak terendam cairan, sehingga sel memutih
dan tidak dapat berfungsi lagi.
- Membersihkan kutub aki
Hal yang sering tidak diperhatikan pada aki adalah bagian
kutub. Akibat proses charging sering muncul jamur. Hal itu wajar karena pada
bagian kutub terjadi proses oksidasi secara terus menerus. Jika terus
dibiarkan, jamur tersebut akan menghambat proses charging. Kabel dari kiprok
tidak menempel sempurna kepada kutub. Akhirnya aki sering kekurangan daya listrik.
Untuk membersihkan jamur pada kutub aki sebenarnya sangat
mudah. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah dengan menyiram
dengan air panas. Gunakan air panas lantas siram pada kutub yang terdapat
jamur. Dalam sekejap akan langsung rontok.
Cairan kedua menggunakan cairan kimia berupa contact
cleaner. Cairan ini sering digunakan sebagai pembersih pada logam elektronik.
Sifatnya abrasive terhadap jamur. Penggunaan contact cleaner lebih bersih
karena mudah menguap, disbanding memakai air panas.
- Campur EDTA
Dalam bahasa kimianya, EDTA singkatan dari Ethylenediamine Tetraacetic. EDTA mampu
menghilangkan deposit sulfat ketika charging dan melepas energy pada lempeng
aki. Tugas EDTA merontokkan deposit sulfat tersebut, sehingga proses charging
dan melepas energy tidak terganggu. Karena lempeng selalu bersih dari deposit
sulfat, maka umur aki jadi lebih panjang. Paling tidak bisa 2-3 kali umur
normal pemakaian.
Cara menggunakan EDTA sangat mudah. Untuk perawatan,
campurkan EDTA sebanyak 2-3 sendok makan dalam 1 liter air aki botol biru.
Sedangkan untuk aki yang sudah soak, campuran EDTA harus lebih banyak sekitar
5-6 sendok makan dalam 1 liter air aki botol biru.
Setelah campuran tersedia, buang isi air aki lama sampai
benar-benar tuntas. Kemudian masukkan campuran bahan yang sudah dibuat kedalam
aki, kemudian lakukan proses charging 2-3 jam. Lakukan hal itu secara rutin
sekitar 3 bulan sekali.
Untuk mendapatkan EDTA sangat mudah, karena di jual bebas
di toko kimia. Soal harga bervariasi, mulai Rp 33.000 – Rp 85.000 per kilo
gram.
2. AKI
KERING
Aki kering yang banyak dipakai di motor – motor merupakan
aki maintenance free (Aki MF).Meski bebas perawatan namun masih perlu dilakukan
pengecekan secara rutin. Jika tegangan aki mulai berkurang sebaiknya dilakukan
charge dengan alat charge khusus.
Berbagai jenis aki motor |
LANGKAH
MEMPERPANJANG UMUR AKI
Selain perawatan yang rutin dan baik, untuk memperpanjang
umur aku juga dapat dilakukan beberapa langkah :
·
Hindari aksesoris yang perlu
listrik.
Aksesoris yang memerlukan lsitrik seperti lampu tambahan,
klakson, alarm yang banyak di jual sebaiknya dihindari. Aksesoris ini biasanya
akan langsung mengambil listrik dari aki. Hal ini tidak baik untuk aki, sebab
menambah beban aki sehingga membuat aki cepat drop atau soak.
·
Jangan menyalakan starter elektrik
secara paksa
Ada pengendara motor yang biasa memencet elektrik starter
secara berulang –ulang dan dalam waktu lama meski motor tidak mau menyala. Hal
ini bisa berakibat aki cepat drop.
Yang tepat adalah memencet starter elektrik 1-3 detik 2
atau 3 kali. Jika mesin tdak mau menyala beralih ke kick starter atau engkol
manual.
·
Matikan lampu sebelum mematikan
mesin
Mematikan lampu dan perangkat yang berhubungan dengan
kelistrikan sebelum motor dimatikan. Tujuannya,ketika menyalakan mesindengan
elektrik starter, listrik dari aki bisa penuh ke motor starter. Bebannya tidak
banyak dengan hanya elektrik starter yang butuh listrik.
(Daftar Pustaka : FEDERAL OIL
MAGAZINE, Edisi 2, 2016)
jika tegangan aki sudah turun sampe 11V kira kira apa yg harus di lakukan, apa masih bisa di perbaiki?
BalasHapus